Tanaman tahunan: kemungkinan tak terbatas dari kebun ke dapur

How to Harvest Annual and Perennial Herbs | Organic Gardening Blog – Grow  OrganicSelama beberapa bulan sekarang, kebanyakan dari kita telah memasak di rumah jauh lebih banyak dari biasanya. Jamu segar adalah salah satu cara terbaik untuk menyemarakkan masakan Anda, dan herba segar adalah yang Anda potong dari kebun Anda beberapa saat sebelum menggunakannya.

Sementara beberapa tumbuhan seperti kemangi, ketumbar dan adas manis bersifat semusim, untuk ditanam dan digunakan dalam satu musim, banyak tumbuhan tahunan yang akan tumbuh subur di taman Anda sepanjang tahun.

Perennial herbs adalah cara yang bagus untuk mengisi ruang cerah di taman Anda dan menambah minat pada masakan Anda sepanjang tahun. Kebanyakan kuat, mudah dirawat, dan hias di taman. Banyak yang bahkan bisa ditanam dalam pot di ambang jendela.

Bergantung pada ruang taman Anda, Anda dapat menanam herba langsung di tanah, satu per satu di dalam wadah, atau dikumpulkan bersama di penanam.

Pertimbangan penting adalah memastikan mereka mendapatkan sinar matahari sebanyak mungkin, berada di tempat yang dapat Anda jangkau untuk air dan panen, dan nyaman untuk dapur Anda.

Memiliki pot thyme tepat di luar pintu dapur membuatnya lebih mungkin untuk digunakan daripada jika Anda harus berjalan jauh ke kebun sayur utama.

Sementara ramuan Mediterania disesuaikan dengan panas dan periode kekeringan, sinar matahari penuh dengan penyiraman teratur akan menghasilkan tanaman yang paling sehat dan paling tidak stres. Sirami dengan seksama tetapi biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Bergantung pada seberapa banyak Anda memotong untuk masakan Anda, Anda mungkin perlu memangkas tanaman Anda dengan keras selama musim tanam.

Tak lama setelah berbunga adalah waktu yang tepat untuk pencukuran yang berat, yang menghilangkan bunga yang dihabiskan dan menghasilkan pertumbuhan baru. Jika Anda memiliki gaya taman yang lebih formal, seperti taman simpul Inggris, banyak tumbuhan dapat dipangkas menjadi bentuk topiary formal.

Seperti kebanyakan semak berkayu, pastikan Anda hanya memangkas hingga daun hijau dan tidak menggunduli kayu untuk menjamin pertumbuhan kembali.

Berikut adalah beberapa ramuan abadi yang paling umum digunakan dan dapat diandalkan:

Sage (Salvia officianalis)

Kuliner bijak sangat toleran terhadap kekeringan dan mudah ditanam. Daun dapat dipetik untuk digunakan sepanjang tahun atau dikeringkan untuk disimpan, dibutuhkan pemangkasan yang sangat baik, dan bunga bulan Juni sangat populer di kalangan penyerbuk.

Rosemary (Salvia rosmarinus, baru-baru ini diubah dari Rosmarinus officinalis)

Rosemary adalah semak cemara yang indah dengan bunga berwarna merah muda atau ungu. Itu bisa dipangkas menjadi bentuk rapi atau dibiarkan terkapar di taman. Rosemary dapat mati karena musim dingin yang keras terutama saat masih muda.

Bay (Laurus nobilis)

Sweet bay adalah pusat yang indah untuk taman herbal. Meskipun hanya sebagian kuat di iklim kita, jika dilindungi selama musim dingin yang keras, ia dapat tumbuh menjadi pohon atau semak yang subur yang juga dapat dipangkas dan dibentuk dengan keras.

Rasanya berbeda dari teluk California yang biasa tersedia (Umbellularia californica). Daun salam segar jauh lebih harum daripada yang dikeringkan, dan sangat enak dalam sup kacang atau diisi di bawah kulit ayam panggang.

Timi (Timus spp.)

Timi adalah ramuan lain yang sangat diperlukan untuk berbagai jenis masakan, dan sangat cocok digunakan dalam panci. Timi kuliner yang paling umum ditanam adalah timi Inggris (Thymus vulgaris), tetapi Anda juga dapat menanam timi lemon atau timi limau (Timus x citriodorus), atau varietas hias murni seperti timi merambat.

Oregano (Origanum spp.)

Rasa bersahaja dari tanaman tahunan yang menjalar ini melengkapi makanan mulai dari saus pizza hingga steak panggang hingga kacang pot Meksiko, tetapi menyebar dan menabur sendiri dengan antusias di taman. Banyak varietas tersedia, termasuk oregano Meksiko, oregano Italia, dan marjoram.

Mint (Mentha spp.)

Dalam keluarga besar mint, spearmint (Mentha spicata) adalah salah satu yang paling umum ditanam, dan cocok untuk berbagai jenis kuliner, termasuk es krim, minuman, atau salad seperti tabouli. Peppermint (Mentha x piperita) memiliki rasa yang lebih tajam dan lebih umum digunakan untuk teh dan permen.

Lalu ada berbagai macam rasa lainnya seperti coklat, jeruk, atau mint nanas. Lemon balm (Melissa officinalis) adalah tanaman dari keluarga mint dengan aroma yang kuat seperti serai wangi. Semua tanaman mint adalah penanam yang agresif, terutama di tanah yang lembab, dan dapat dengan mudah mengambil alih tempat tidur taman, jadi disarankan untuk menggunakan wadah.

Peterseli (Petroselinum crispum)

Peterseli adalah makanan pokok dapur dan sangat nyaman jika persediaan selalu tersedia di kebun. Tidak seperti kebanyakan jamu kuliner lainnya, peterseli adalah dua tahunan, yang berarti daunnya tumbuh di tahun pertama setelah perkecambahan, kemudian mekar di tahun kedua. Jadi jika Anda menanam benih atau mulai pada musim semi, Anda dapat memanen daun sepanjang tahun pertama dan memasuki musim dingin.

Kucai (Allium schoenoprasum)

Daun bawang biasanya mati kembali di musim dingin dan tumbuh kembali di awal musim semi. Daun dapat dipotong untuk dimasak selama musim tanam, tetapi paling baik jika dipetik muda. Bunga merah muda mencolok muncul di bulan Mei, dan juga bisa dimakan.

Lavender (Lavandula spp.)

Meskipun tidak banyak digunakan dalam memasak seperti herba lain dalam daftar ini, tanaman hijau yang kokoh ini adalah pendukung dari taman yang cerah. Bunga yang harum dapat digunakan dalam bunga rampai dan sabun, tetapi juga dicampur dengan bumbu lain untuk membuat perpaduan kuliner Herbes de Provence. Mungkin juga digunakan dalam kue atau es krim.

Bergantung pada preferensi kuliner Anda, Anda mungkin juga menikmati tumbuh-tumbuhan seperti tarragon, adas, lobak, atau lovage. Kemungkinan di taman dan di dapur tidak terbatas.

Leave a Comment